Saturday, July 15, 2017

Ryzen 3 dan Ryzen Threadripper




Halo readers, kembali lagi di Teh O Day

Sejalan dengan naik daunnya Ryzen pada Februari kemarin. AMD mengumumkan line up terbarunya. Di awal peluncurannya AMD meluncurkan Ryzen 7 sebagai kelas high end-nya, kemudian disusul dengan peluncuran Ryzen 5 untuk kelas mainstream, serta ada juga Ryzen pro sebagai pelengkap Ryzen 7 dan 5. Kemudian AMD juga mengumumkan dari youtube bahwa Ryzen akan segera meluncurkan seri selanjutnya yang akan melengkapi Ryzen family, yaitu Ryzen 3 serta Ryzen Threadripper.




Kemungkinan perilisan Ryzen 3 dan Ryzen Threadripper ini akan mengisi level terbawah serta level teratas Ryzen family. Ryzen 3 telah dipersiapkan untuk melawan produk dari pesaingnya, Intel core i3. Lalu Ryzen Threadripper ditujukan untuk melawan Intel core i9 yang baru saja diluncurkan oleh intel.

SPESIFIKASI

Dalam video AMD yang dibawakan oleh Dr. Lisa Su sebagai Presiden dan CEO serta John Taylor sebagai Corporate Vice President Worldwide Marketing, mereka memaparkan sedikit bocoran mengenai spesifikasi kedua line up Ryzen tersebut.



Yang pertama adalah Ryzen 3. Ryzen 3 dibagi menjadi 2 seri. Yaitu Ryzen 3 1200 yang dibekali 4 core , 4 thread berkecepatan 3,1 Ghz standar dan dengan boost clocknya 3,4 Ghz. kemudian Ryzen 3 1300X. Masih sama dengan menggunakan 4 core, 4 thread berkecepatan 3,5 standar dengan boost clock 3,7 Ghz.



Yang kedua adalah Ryzen Threadripper. Ryzen Threadripper juga dibagi menjadi 2 seri. Yaitu Ryzen Threadripper 1920X yang dibekali 12 core, 24 thread berkecepatan 3,5 Ghz standar serta boost clocknya mencapai 4 Ghz. Lalu untuk seri Ryzen Threadripper 1950X dibekali 16 core serta 32 thread dengan kecepatan 3,4 Ghz standar serta boost clocknya mencapai 4 Ghz.

Tambahan dari saya, AMD Ryzen family mendapatkan fitur overclockable. Artinya CPU ini dapat di overclock. Sementara untuk Intel core family tidak semua mendapatkan fitur tersebut.

BENCHMARK



Untuk benchmark Ryzen 3, pihak AMD sendiri tidak memberikan pernyataan resmi mengenai Ryzen 3. Akan tetapi kita bisa lihat perilisan dari AMD Ryzen pro kemarin. Ryzen 3 1300X dapat diadu dengan line up dari produk Intel, core i3-7100. Hasil benchmark dari cpubenchmark.net Ryzen 3 1200 mendapat skor 7043, sedangkan Intel core i3-7100 mendapatkan skor 5904. Tentunya apabila skor ini hasil benchmark asli. Maka Ryzen 3 1300X akan jauh di atas Intel core i3-7100.





Kemudian untuk Ryzen Threadripper. AMD membocorkan sedikit hasil benchmark menggunakan cinebench R15. Ryzen Threadripper 1920X disandingkan dengan Intel core i9-7900X . Ryzen 1920X unggul dengan skor 2431 sementara Intel dengan skor 2167. Sedangkan untuk Ryzen 1950X mendapatkan skor jauh dari dua line up tadi yaitu 3062.


HARGA DAN TANGGAL RILIS


Harga dari produk AMD memang terkenal kompetitif dibandingkan kompetitornya. Dari line up Ryzen 7 hingga Ryzen 5 memiliki price to performance yang tinggi.

Dari announcement video dari AMD kemarin , pihak AMD hanya membocorkan harga dari Ryzen Threadripper saja. Sedangkan untuk Ryzen 3 , pihak AMD tidak memberikan info. Akan tetapi dilihat dari line up Ryzen termurah saat ini ada Ryzen 5 1400 dengan harga Rp 2,3 juta sedangkan untuk core i3-7100 saja sudah sampai harga Rp 1,7 juta. Jadi bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar di bawah.



Langsung saja , untuk Ryzen 1920X dan 1950X memiliki harga retail $799(sekitar Rp 10,6 juta) dan $999(Rp 13,3 juta). Sedangkan harga retail dari Intel core i9-7900X adalah $999(Sekitar Rp 13,3 juta).




Ryzen 3 akan dijadwalkan rilis pada tanggal 27 Juli 2017. Sedangkan untuk AMD Threadripper dijadwalkan pada awal Agustus 2017.

KESIMPULAN

Perilisan Ryzen family memang membuat pasar CPU saat ini mengalami keseruan. Kubu merah dan kubu biru saling beradu untuk mendapatkan sektor pasar yang tepat. Memang dalam beberapa tahun kemarin dominasi Intel sangat kuat. Riset AMD dalam 4 tahun ini mulai membuahkan hasil. AMD sedikit demi sedikit menguasai pasar CPU. Walaupun dominasi Intel tetap kuat.

AMD Ryzen 3 patut ditunggu-tunggu dan diperhitungkan. Walaupun belum ada hasil benchmark resminya atau dari para reviewer, saya kira harga yang kompetitif serta CPU yang unlock (dapat di overclock) dapat menjadi pricepoint yang menarik tentunya.

Lalu, untuk AMD Threadripper sudah sesuai ekspektasi. Dari hasil tes benchmark angka yang didapat sangat tinggi, bahkan mengalahkan kompetitornya Intel. Serta harga retail dari kedua line up brand ini juga terpaut jauh. Price to performance dari AMD sangat bagus. AMD Ryzen Threadripper dapat menjadi pilihan tepat bagi para professional.

Bagi untuk para pembaca yang baru ingin merakit PC. Tentunya CPU AMD Ryzen bisa menjadi pertimbangan. Selain dapat membabat game-game terbaru, Ryzen juga dapat menjadi mesin editing.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Akankah kalian tertarik dengan CPU AMD Ryzen? Silahkan tulis di kolom komentar.




Sekian dari saya.
Terimakasih.






Kata kunci: AMD, Ryzen, AMD Ryzen, Ryzen 3, Ryzen Threadripper, CPU AMD, cpu murah, review ryzen
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Featured Post

GOOGLE PIXEL 3, Raja Notch?

Followers

Search This Blog